Berita

Penyaluran JPS Provinsi Tahap II, Desa Timbang

Penyaluran Jaring  Pengaman Sosial (JPS) Provinsi tahap II telah dilakukan pada hari Senin (6/07/2020) di Balai Desa Timbang yang disalurkan melalui kantor POS dan dibantu oleh Perangkat Desa Timbang.

Kepala Desa Timbang Suratno, menjelaskan bahwa jumlah penerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Provinsi Tahap II bertambah dari semula berjumlah 239 menjadi 317 penerima. Penambahan jumlah penerima ini dikarenakan adanya penambahan usulan penerima sejumlah 89 adapun penerima bantuan Tahap I yang telah dilakukan pada 4 Juni 2020 ada sejumlah 11 penerima yang tidak diambil dikarenakan penerima tersebut berada diluar kota, Nama 11 penerima tersebut tidak muncul kembali pada saat penyaluran Tahap II dan telah diganti dengan daftar usulan tambahan. Pemerintah Desa Timbang sangat berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat ditengah pandemi sekarang ini.

Daftar penerima bantuan ini terintegrasi dengan aplikasi SIKS DJ (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Dinsos Prov. Jateng) untuk menghindari penerimaan ganda karena sistem akan langsung menolak jika terdapat penerima ganda atau NIK penerima terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang berupa 10 kg beras, 1 kg telur ayam, 2 liter minyak goreng kemasan, 275 ml Kecap botol, 400 gram Mie Kering dan 1 kaleng Sarden 425 gram. Bantuan ini disalurkan melalui Kantor Pos dan diserahkan kepada warga.  Penyaluran bantuan JPS Provinsi ini dimulai Pukul 08.30 sampai dengan selesai  Pukul 15.00 WIB berjalan dengan lancar dan tertib, dengan  menerapkan protocol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 sesuai himbauan dari Pemerintah.

Kiri ke Kanan: Penerima bantuan Uptoyo, Camat Kejobong, Perwakilan Dinsos, Kades Timbang, Babinsa, dan Babinkamtibmas, menyerahkan bantuan secara simbolis.

Uptoyo menjelaskan “bantuan sangat mebantu kami mengingat pekerjaan saya berdagang di SMP sedangkan karena ada virus Covid-19 sekolah libur dan tidak ada pendapatan, saya sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan ini”.

Penyaluran JPS Provinsi ini tersisa satu Tahap lagi dan dijadwalkan akan disalurkan kembali kurang lebih 1 bulan dari sekarang. Sedangkan untuk JPS Kabupaten dan BLT DD Tahap II akan disalurkan dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *